#1708MerahPutihBB: Untuk Perbatasan dan Pelosok Indonesia

Misi: 1708 Buku Merah Putih di Benua Biru untuk anak-anak di perbatasan dan pelosok Indonesia.

Hi teman-teman, ada yang sudah tahu mengenai Gerakan Sabantara (@sabantaraUI)? Sabantara adalah komunitas yang aktif bergerak di dalam pengembangan kawasan perbatasan NKRI. Mereka juga berjuang menyalurkan buku-buku ke Rumah Baca dan Rumah Kreatif yang ada di 12 titik Pulau-pulau Terdepan dan Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (info: http://sabantara.web.id/). Selain Sabantara, sebenarnya masih banyak juga program lainnya yang juga aktif di kegiatan ini, misalnya Indonesia Menyala.

Di daerah pelosok dan perbatasan kekurangan berbagai bahan bacaan berkualitas. Bahkan menurut komunitas Sabantara, beberapa orang yang buta huruf (termasuk orang dewasa) memiliki keinginan kuat untuk belajar membaca, tapi sayangnya masih minimnya buku-buku yang masuk kesana.

Inilah yang jadi awal niat saya untuk membantu dengan buku saya Merah Putih di Benua Biru. Buku tentang misi budaya saya di Eropa yang bertujuan untuk membuktikan bahwa siapapun bisa menjadi duta bangsa. Buat yang belum baca ceritanya bisa cek di blog ini atau GNFI: http://bit.ly/eDEqUW

Niat ini semakin kuat setelah mendengar cerita dari Yunita Ekasari, pengajar muda dari program Indonesia Mengajar di Kabupaten Tulang Bawang Barat Lampung, yang juga pembaca buku saya.
***
From: Yunita Ekasari
To: erditya.arfah@yahoo.com

Saya masuk ke kelas empat. Guru kelas mereka berhalangan hadir saat itu. I think this my opportunity to introduce them what is dream? Ketika saya bertanya ke mereka, mimpi kalian apa? Mereka hanya diam. Mungkin mereka kaget, saya tiba-tiba bertanya tentang hal yg tak pernah mereka tahu sebelumnya. Saya mencari cara agar hal ini bukan menjadi sesuatu yang berat bagi mereka.

And yeaaahhh, I was inspired by you, mereka butuh role model agar pesan yang saya inginkan sampaikan tentang mimpi dan cita-cita bisa “nyantol” dan mereka “ngeh” what is dream and future.

I choose u, karena youu’ve made karya nyata tentang how to make ur dream come true dalam bahasa yang sederhana. Selain itu juga, karena unsur mengajar dalam buku kakak yang menurut saya akan membuat mereka excited. Karena, dari obrolan ringan saya dengan mereka, they interested in teaching so much. Apalagi kakak mengajar budaya Indonesia ke anak-anak yang non-Indonesia.

And they also proud of Indonesia much. They love Indonesia very much.

So, how was their opinion?? After I explain about u, mereka langsung bilang: Kak Erdit hebat ya bu, bisa ngajarin anak-anak asing tentang Indonesia.

coooolll statement dari mereka yang sempat bikin saya speechless.

“Saya juga mau ke eropa bu, bawa bendera merah putih”

“Saya juga mau punya mimpi bu” even though mungkin they still ask what is cita-cita.

Saya benar-benar gak bisa gambarin perasaan haru saat itu.

Entahhhh. I was very happy. When I see, they’ve had dream now.

Thank you for inspiring them. You are their hero.
***

Murid SD di Tulang Bawang Barat dan buku #MerahPutihBB


Seriously, mata saya panas baca tulisan di atas. Mereka bilang saya inspirasi mereka. Padahal, para pengajar muda dan murid-muridnya inspirasi saya, karena bisa jadi mereka memiliki kecintaan yang lebih besar dan tulus kepada Indonesia, dibanding kita (saya) yang hidup di kota besar.

Yes, they are my truly hero.

Dan saya ingin melakukan sesuatu untuk mereka. Anak-anak atau anak muda yang berada di pedalaman dan pelosok Indonesia yang saya yakin juga memiliki mimpi besar untuk Indonesia.

Inilah yang jadi alasan mengapa saya ingin mengirim 1708 buku Merah putih di Benua Biru untuk mereka yang di pelosok dan perbatasan Indonesia. Dan kenapa 1708? Ya, karena buat saya ini adalah kode cita-cita bangsa: 17 Agustus. Saya harap buku ini nanti mampu menjadi bacaan yang baik untuk anak-anak di sana sehingga memiliki semangat, lebih optimis mengejar cita-citanya dan makin cinta Indonesia.

Tapi, dengan keterbatasan dana, tidak mungkin saya bisa membeli sebanyak 1708 buku sendirian, walaupun Saya juga sudah nego ke penerbit saya untuk memberikan diskon sehingga harga menjadi 30000/pcs (harga toko buku: 42.500).

TOTAL DANA YANG DIBUTUHKAN: 1708 X 30000: 51.240.000 (*saya masih nego harga lagi untuk jadi 25 ribu sebenarnya kalau berhasil mereaih total pemesanan minimal 1000 pcs)

Saya mengajak teman-teman, baik yang sudah baca atau belum baca buku saya untuk berkontribusi dan melakukan donasi untuk mewujudkan program ini. Bagi teman-teman yang mau memberikan sumbangan bisa kirim dengan subjek/detail transfer ‘1708 Merah Putih’ ke:

1. BCA No. Rek: 066.2327296 atas nama Erditya Nur Arfah
2. MANDIRI: No. Rek: 1670000279561 atas nama Erditya Nur Arfah


Deadline untuk mengirimkan donasi adalah: 20 Juni 2011.

Semua uang yang terkumpul akan digunakan untuk membeli buku Merah Putih di Benua Biru yang akan disalurkan terutama melalui gerakan Sabantara dan gerakan-gerakan sejenis lainnya yang juga terpercaya. Aliran dana yang masuk akan saya laporkan dengan transparan melalui blog saya ini setiap harinya.

Semoga semua kontribusi dan donasi teman-teman menjadi berkah dan dibalas berkali-kali lipat . Apalagi kalau ternyata menjadi berkah buat murid-murid dan orang-orang di sana. Amin.

Oiya, mungkin ada yang bertanya ‘kenapa harus buku Merah Putih di Benua Biru’? Ga harus kok. Kalau ada yang mau bantu dengan buku lain, bisa juga langsung menghubungi Sabantara atau program lainnya seperti Indonesia Menyala (@Penyala) dan lainnya yang kalian percaya.

Jika ada yang mau bertanya silahkan langsung hubungi saya.

Salam,

Erditya Arfah
@erdityaarfah
erditya.arfah@yahoo.com

Advertisements

Single Post Navigation

4 thoughts on “#1708MerahPutihBB: Untuk Perbatasan dan Pelosok Indonesia

  1. Mas Erdit, link http://bit.ly/eDEqUW di-hyperlink donk biar tinggal klik 🙂

  2. GREAT MOVEMENT!!!
    *jadi terharu*

  3. uhukkk uhukk
    that’s great

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: