New Journey Means New Friends Pt.3

Menjalin Pertemanan: Menerima Vodka. Dan Nyasar Kembali.

Suasana sudah menjadi cair. Siapa sangka salah satu dari mereka di kereta pernah tinggal di Asia. Hebatnya, mereka semua sangat curious dengan budaya-budaya di negeri lain. Alhasil, jadilah saya membawakan presentasi dadakan mengenai budaya Indonesia. Saya pun membuka laptop untuk segera memutarkan video-video tentang Indonesia mulai dari tari kecak, boroboudur, angkung, pemandangan, hutan tropis, dan sebagainya. Mereka tampak antusias dan saya pun semakin semangat menjelaskannya.

Mereka pun sempat bertanya mengenai sejarah Indonesia. Mengapa Indonesia, Malaysia, Filipina, dan yang lainnya berbeda Negara padahal dulunya mungkin satu kerajaan. Gila! Saya heran mengapa mereka bisa sebegitu tahunya. Saya pun akhirnya menjelaskannya satu persatu. Jujur, saya tidak tahu jawaban tepatnya. Tetapi saya menjawab bahwa benar dulunyanegara-negara itu mungkin dalam naungan satu kerajaan seperti Majapahit atau lainnya. Tetapi akhirnya jadi terpisah karena pendudukan dari Negara-negara Eropa yang berbeda. Itulah yang menjadi penentu terbentuknya negara-negara tersebut.

Tidak lupa saya juga menjelaskan mengapa warna bendera Indonesia adalah merah-putih, seperti Polandia. Ya, menjelaskan bahwa itu berawal dari para pejuang Indonesia yang merobek warna biru pada bendera Belanda, sehingga menjadi warna merah-putih. Jujur, saya tidak tahu sejarah sebenarnya. Tapi, inilah yang biasa saya lihat di film-film perjuangan Indonesia zaman dulu.

Anya, Chris, Saya, LukaszAnya, Chris, Saya, Lukasz

Perjalanan pun semakin mengasyikkan. Sesekali mereka berdiskusi dengan bahasa Polandia dan kemudian Chris menjelaskannya kepada saya apa yang telah mereka diskusikan. Dia pun berjanji kepada saya untuk menjadi Tour Guide saya jika mengunjungi Krakow. Dan saya juga berjanji akan mengirimkan barang yang diinginkannya dari Indonesia: Sarung. Ya, dia tahu kalau sarung sering dipakai oleh para pendekar silat dalam aksinya.

Kami pun sempat berdiskusi mengenai minuman alkohol. Ya, mereka bertanya apakah orang Indonesia minum alkohol atau tidak.” Ya, tentu saja sebagian dari kami minum alkohol, tetapi tidak sehebat orang Polandia yang sudah seperti minum air putih”, Jawab saya dalam bahasa Inggris.

Waktu berjalan semakin cepat. Kami harus berpisah. Kami sempatkan untuk berfoto bersama. Mereka berhenti satu stasiun sebelum Warszawa Centralna. Lupa saya nama stasiun tersebut. Tapi, kami sempat bertukar alamat email dan dia memberikan sebuah susu kondensasi yang dimasukan kedalam tube berbetuk odol sebagai kenang-kenangan. Selain itu, dia juga memberikan satu kenang-kenangan spesial: VODKA. Ya, bagi orang sini Vodka menandakan persahabatan.

Kereta pun tiba di warsawa. Saya harus naik bis untuk menginap di salah satu diplomat Indonesia. Dan saya nyasar kembali. Berjalan menyusuri trotoar.11.30 malam waktu Warsawa. Saya tersenyum mengenang perjalanan saya barusan. Thanks Allah.

Advertisements

Single Post Navigation

14 thoughts on “New Journey Means New Friends Pt.3

  1. sejarahnya udah bener dit,, pembentukan negara di asia tenggara emang berdasarkan pendudukan negara eropa… malaysia dan indonesia sempat dikuasai majapahit dan kemudian sriwijaya,, cuma gw ga tau tuh kalo filipina.. sepertinya tidak …heu..

    bendera indonesia ?? no clue gw.. bodohi aja lah orang sana ,, hehe

  2. keep posting bray..

  3. erdityaarfah on said:

    bakal posting terus cuy,,commentnya ditunggu yaa..
    ngapain disini?iseeng..

  4. lanjutkan dan minumlah vodka pemberian saahabt baru lo dit.:)

  5. iya dith, org2 bule itu pembicaraannya berat, gmn temperatur Indonesia, brp jml penduduk, brp jml pulau, dll, padahal klo di Indo mana ada kta ngobrolin kaya gtu, yg ada ngegosip hehe. Alhasil disini kta jd lebih belajar sejarah & budaya dan tentang negara sendiri dr internet hahaha, buat siap2 klo ditanya2…

  6. erdityaarfah on said:

    iyaaa.hahaha.tapi kita cuek karena pas di indo, kita anggap semuanya juga sudah tahu, jadi ga pernah ngomongin hal kaya gitu. Nah, pas ada orang asing yang nanya, kaget juga. Simpel tapi bingung.haha

  7. Nice one Dit, then gw wondering apa tu vodka lo minum apa gak ya..
    eniwey, no wonder kalo lo mendadak ada disana.. i always proud of you ‘kabaw’
    semangaaattt, posting terus biar jadi buku, trus laris, trus bikin buku lagi, laris lagi, bikin buku lagi,,trus laris lagi…

  8. erdityaarfah on said:

    thanks baay..vodkanya gw kasih ke temen2 gw dari negara laeen..baunya aja ga kuat gue..hhahaa.doakan saja ada publisher yang tertarik..

  9. huwaaa diitt….smangat yah skalian promosiin budaya indo sebanyak2nya…hehhehe

  10. erdityaarfah on said:

    semangaat chaa. komen2 terus yaaaa…

  11. hahahaha…bereeesss diit..

  12. pake t-shirt buatan aku ya, bangga hehehehhe

  13. tedihafnitresnadi on said:

    semangat terus ya dit

  14. assalam…
    salam kenal,
    tulisannya bagus n menginspirasi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: