Semangat Para TKI!

Semangat Terus!

Semangat Terus!

Jakarta-Dubai-Zurich-Warsaw. Perjalanan menuju benua Eropa telah dimulai. Deru mesin Emirates mulai bising siap terbang berkolaborasi dengan irama hati yang juga semakin meninggi. Inilah perjalanan pertama saya ke Eropa. Tegang! Tetapi, rasa tidak sabar untuk segera sampai dan bertemu para teman dari negara lain lebih besar.

Di pesawat Emirates yang saya tumpangi menuju Dubai, seperti biasa memuat para turis asing. Luar biasa, di sebelah saya duduk seorang turis yang hanya menggunakan singlet. Ya, singlet! Tanpa lengan! Dia bilang, Indonesia panas. Ya, akibatnya saya juga merasa “panas” karena tidak tahan dengan aroma dia yang sebelumnya menunggu pesawat dengan tidur di Bandara. Ah, dasar Backpacker.

Tapi, bukan karena si bule itu perjalanan ini berarti. Tetapi, karena kehadiran orang Indonesia. Lha? Ya, saya tertarik dengan rombongan wanita Indonesia, menggunakan seragam pakaian yang sama. Bukan, ini belom musim rombongan haji. Mereka adalah TKI. Tenaga Kerja Indonesia. Sosok yang sering di remehkan tetapi menghasilkan jutaan devisa untuk negara.

Bau minyak angin segera menyebar memenuhi area pesawat. Pramugari tampak kebingungan menjelaskan bagaimana mereka seharusnya memasukkan tasnya. Turis yang melihat sekumpulan TKI tersenyum. Ga tau deh senyum simpati atau meledek. Yang jelas entah kenapa saya jadi merasa ikut malu juga?

Ya, jutaan dari mereka pergi ke berbagai negara. Untuk mencari nafkah yang tidak bisa mereka dapat di negaranya. Maaf! Saya tidak terlalu tertarik dengan masalah ekonomi makro. Terlalu berat bagi otak saya. Tetapi, saya baru saja berpikir bahwa mereka bukan saja bisa menjadi penghasil devisa negara, tetapi juga: Penyebar misi budaya Indonesia.

Jumlah mereka banyak. Ratusan atau mungkin ribuan. Saya tidak tahu pastinya. kalau saja setengah dari mereka, selain diajarkan keterampilan menyetrika juga diajarkan bagaimana memainkan angklung, tari, atau apapun, maka budaya Indonesia akan lebih tersebar. Dan, mereka tidak akan hanya sekedar menjadi TKI, tetapi sekaligus penyebar budaya Indonesia.

Saya menulis ini dengan pola pikir sok tau, tanpa berpikir terlebih dahulu, apakah proses persiapan TKI harus singkat atau sebagainya. Tapi, saya optimis kalau mereka juga mampu menjadi duta Indonesia. Harkat mereka pun akan semakin baik di mata masyarakat nasional maupun internasional. Saya yakin mereka mampu, karena baru saja saya melihat semangat dan tertawa renyah mereka bersama rombongan yang tampak seragam tersebut. Semoga tawa renyah itu masih akan di bawa begitu mereka pulang nanti.

Ya, ini hanyalah sebuah ide. Sebuah gagasan yang mungkin bisa dilakukan. Tidak hanya oleh pemerintah! tetapi, agen tenaga kerja, instansi budaya, sanggar, satau apapun dan siapapun! Seperti yang saya bilang ini hanya imbauan, bukan paksaan. Siapa tahu mereka bisa menyanyikan lagi daerah Indonesia untuk mentidurkan anak majikannya nanti, sehingga sang anak asing tersebut kelak mengenal budaya Indonesia dan menghargainya sebagai salah satu warisan dari kebudayaan dunia yang harus terus dijaga.

Advertisements

Single Post Navigation

4 thoughts on “Semangat Para TKI!

  1. Eka Dian on said:

    wow.. makin ciamix nih nulisnya dit 🙂
    Si bule yg pake singlet itu gmn kbrnya msh ttp sangit ga baunya huehehehe

    Syukurlah sudah sampai di sana..
    Jadi punya planning mo cari pacar lagi di polandia nih dit? 😛

  2. erdityaarfah on said:

    hahaha. disini sudah harum2 bulenya mba.hehe
    pacar lagi?laah kan sudah ada yang menunggu di Indonesia.hehehe
    jaga kandungannya ya mba..

  3. iyah gw klo luw pulang dr poland ato manapun itu luw akan liat spandunk gede2 bertuliskan “selamat datang pahlawan devisa” di soekarno-Hatta,, walopun gw bkn tkw,,tp gw merasa flattered masa,,hehehhe,,

  4. erdityaarfah on said:

    hahahhaaa. serius yaa ndri? baru tau tuh gw..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: